by

Sang Juara Ultraman Lolak, Titisan Ayam ‘Darah Biru’ dari Negeri Gajah Putih

HOBBY AYAM – Mendengar nama ayam Ultraman, tentu sudah tak asing lagi di telinga para penghobi ayam aduan (ayadu) di sulawesi Utara umumnya, khususnya di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Ayam jenis pama Milik Bang Iman asal Lolak Bolmong ini, rupanya adalah titisan ayam ‘darah biru’ dari negeri gajah putih Thailand.

Menurut cerita si pemilik Bang Iman, Ultraman merupakan hasil ternakan dari importer ternama Cosmas Supit, yang diternak di Desa Pinaesaan, Tompaso Baru, Kabupaten Minahasa Selatan.

Ultraman adalah hasil persilangan antara pacek Pama suakaw (6 kali win di thailan), yang dikawinkan dengan betina anak dari ayam juara di Thailand Pama Shoot Dragon.

“Pertama dibeli ultraman bersama saudara betinanya umur 4 bulan dari Fortuner Rooster orang dekat cosmas supit, waktu itu saya baru belajar Hoby ayam,” ujar Iman.

Kemudian, di kandang Iman lah Ultraman tumbuh dewasa hingga dimainkan sebanyak 7 kali, dan meraih kemenangan 5 kali, draw 2 kali. Dalam 5 kali kemenangan, 3 kali ultraman memanangkan partai big game di laga 20 juta.

“Yang bikin Ultraman naik daun bukan karena taruhannya tapi dia selalu bertanding tidak pernah dapat lawan yang sama besar, selalu lawan lebih besar,” kata Iman.

Menariknya kata Iman, ada beberapa kali Ultraman main dalam kondisi fisik tidak siap. “Dari mulai main ke 4 hingga 7 dibilang dalam keadaan belum siap tarung. Pernah main paruh atas lebih pendek dari paruh bawa, bahkan pernah dimainkan dalam kondisi tapak kaki memiliki bubul atau tuso,” katanya lagi.

“Karena waktu itu saya masih awam soal ayam aduan, hanya senang lihat ayam bertarung,” tambahnya.

Lanjut Iman, saat ini Ultraman sudah dipensiunkan dari arena pertarungan. “Sekarang kita sudah jadikan pejantan di kandang. Tinggal anak-anaknya saja yang akan kita tunggu, Semoga bisa seperti bapaknya,” tutup Iman.

 

Kokon Balamba

Comment